Coretan Tinta

Selamat datang
di Sang Pelukis Otak Blog.


Semoga apa yang
termuat di BLog
ini bisa bermanfaat
dan harap digunakan
sebaik-baiknya.


"Sang Pelukis Otak"

Mainkan Cursor Mu....

Selasa, 07 Juni 2011

RPP Bahasa Indonesia


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan           : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia
Pertemuan ke                    : 1 (satu)
Kelas / semester                : V ( lima) / 1 (satu)
Alokasi waktu                  : 15 menit
Hari / tanggal                    : Kamis, 16 Desember 2010

       I.            Standar Kompetensi
Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat, dan membaca puisi.

    II.            Kompetensi Dasar
Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat.

 III.            Indikator
·         Membaca teks percakapan dengan berpasangan didepan kelas
·         Mencatat hal-hal pokok di dalam teks percakapan
·         Menuliskan isi kesimpulan percakapan

 IV.            Tujuan Pembelajaran
Pembelajaran ini bertujuan agar:                    
·         Siswa dapat membacakan teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat
·         Siswa dapat  mencatat hal pokok didalam percakapan dengan benar
·         Siswa dapat memahami cara menyimpulkan percakapan


    V.            Materi Pokok
Teks percakapan

 VI.            Metode Pembelajaran
Demonstrasi, diskusi, tanya jawab, ceramah, pemberian tugas

VII.            Langkah-langkah Pembelajaran
a.       Kegiatan awal
·         Salam
·         Berdoa
·         Presensi
·         Appersepsi:
Anak-anak, apakah kalian sering membicarakan sesuatu hal dengan teman kalian? Membicarakan apa? Apakah membicarakan tentang pelajaran atau acara televisi?
b.      Kegiatan inti
·         Siswa diberi contoh cara membacakan teks percakapan
·         Siswa ditanya mengenai isi teks percakapan
·         Siswa secara berpasangan membacakan teks percakapan yang menjadi tugas pada pertemuan sebelumnya di depan kelas
·         Siswa lain mencatat hal pokok didalam  percakapan yang diperagakan teman lain
·         Siswa ditanya mengenai isi percakapan yang diperagakan temannya
·         Siswa mengumpulkan catatan mengenai isi percakapan yang diperagakan temannya
·         Guru mengulang penjelasan mengenai isi percakapan yang telah diperagakan oleh siswa
·         Guru mengulang sedikit materi mengenai cara membaca teks percakapan
·         Guru bersama siswa menyimpulkan materi
·         Siswa diberi soal evaluasi
c.       Kegiatan akhir
·         Guru memberikan refleksi
·         Doa penutup
·         Salam

VIII.            Sumber dan Alat Pembelajaran
a.       Sumber pembelajaran:
1.      Buku paket Bahasa Indonesia 5 halaman 34-38 tahun 2008 BSE
2.      Buku paket Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas  halaman 10-12 tahun 2008 BSE
3.      Buku paket Indahnya Bahasa Dan Sastra Indonesia halaman 9-11 tahun 2008 BSE
b.      Alat Pembelajaran:
1.      Teks percakapan
2.      Kertas

 IX.            Penilaian
·         Kognitif          : tes tertulis
·         Afektif                        : Sikap siswa dalam pembelajaran
·         Psikomotor      : Keaktifan siswa dalam membacakan percakapan

    X.            Kriteria Keberhasilan
Siswa dikatakan berhasil jika mendapat nilai >70 dalam evaluasi dan aktif dalam pembelajaran serta aktif dalam menyampaikan percakapan

                                                                        Yogyakarta, 16 Desember 2010

Mengetahui
 Guru kelas                                                                  Praktikan


     Septi                                                                        Sutikno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar