Coretan Tinta

Selamat datang
di Sang Pelukis Otak Blog.


Semoga apa yang
termuat di BLog
ini bisa bermanfaat
dan harap digunakan
sebaik-baiknya.


"Sang Pelukis Otak"

Mainkan Cursor Mu....

Sabtu, 20 November 2010

SKRIPSI BAB 1

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah usaha sadar dan rencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Oleh karena itu, pendidikan mempunyai posisi yang strategis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Posisi tersebut akan tercapai apabila pendidikan yang dilaksanakan mempunyai kualitas. Peningkatan kualitas pendidikan harus dipenuhi melalui peningkatan kualitas dan kesejahteraan tenaga pendidik.
Dalam Undang – Undang No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional ditegaskan bahwa pendidikan bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Untuk mencapai tujuan pendidikan nasional tersebut diperlukan kesadaran, tanggung jawab dan kerjasama dari semua pihak terutam keluarga, sekolah dan masyarakat sebagai “ Tri Pusat Pendidikan”. Ketiga elemen tersebut dapat mempengaruhi keberhasilan pendidikan.
Pendidikan dikatakan berkualitas apabila terjadi penyelenggaraan pembelajaran yang efektif dan efisien dengan melibatkan semua komponen – komponen pendidikan, seperti tujuan pengajaran, guru dan peserta didik, bahan pelajaran, metode belajar, alat dan sumber belajar, serta evaluasi. Komponen – komponen tersebut dilibatkan secara langsung tanpa menonjolkan salah satu komponen, akan tetapi komponen tersebut di diberdayakan bersama – sama.
Salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi siswa yaitu dengan meningkatkan minat baca siswa. Kebiasaan membaca siswa SD saat ini sangatlah rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern siswa antara lain tidak adanya kemauan atau niat pada diri siswa dalam hal membaca.Faktor ekstern siswa antara lain pengaruh pergaulan dan lingkungan. Kemajuan teknologi yang sangat tinggi akan mempengaruhi gaya hidup dan kebiasaan individu khususnya siswa SD.
Pengaruh kemajuan teknologi terhadap kebiasaan siswa yaitu siswa akan lebih banyak menghabiskan waktu bermain dengan teknologi yang menjadi tren saat ini seperti hp, internet, game portable dll sehingga itu sedikit banyak akan berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa. Bila siswa dilema dengan kemajuan teknologi tersebut maka tidak dapat mengendalikan emosinya terhadap kemajuan tersebut sehingga prestasi belajarnya menurun.
Kenyataan di lapangan sekarang makin minimnya buku yang tersedia di perpustakaan menyebabkan kurangnya minat baca siswa. Kalaupun ada itu adalah buku-buku koleksi lama.Minimnya perhatian sekolah terhadap perkembangan minat baca siswa itu sangat berpengaruh terhadap prestasi siswa.
Mencermati adanya beberapa faktor terhadap minat baca siswa, maka peneliti menetapkan judul ”Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pangenrejo, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo ”.

B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, dapat diidentifikasikan beberapa masalah yang berhubungan dengan minat baca siswa yaitu:
1. Kurangnya motivasi minat baca siswa
2. Pengaruh kemajuan teknologi terhadap minat baca siswa
3. Kurangnya pemahaman akan pentingnya membaca
4. Rasa ingin tahu yang rendah
5. Asumsi bahwa membaca itu membosankan
6. Lingkungan yang tidak mendukung
7. Minimnya fasilitas yang mendukung peningkatan minat baca siswa

C. Batasan Masalah
Sesuai dengan identifikasi masalah yang telah diuraikan di atas, peneliti akan memberikan pembatasan masalah sebagai ruang lingkup dari penelitian ini, yaitu tentang pengaruh minat baca siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Pangenrejo, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo

D. Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari pembatasan masalah di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan yaitu “Bagaimana pengaruh minat baca siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Pangenrejo, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo”.

E. Tujuan Penelitian
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat baca siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Pangenrejo, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo.

F. Manfaat Penelitian
Penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Pangenrejo kecamatan Purworejo ini memiliki beberapa manfaat, antara lain:
1. Secara Teoritis:
a. Bagi Peneliti
Penelitian ini memberikan pengetahuan untuk mengetahui pengaruh minat baca siswa terhadap prestasi belajar siswa.
b. Bagi Pemerintah
Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan dan bahan pertimbangan bagi pemerintah dan lembaga-lembaga untuk menentukan kebijaksanaan pengembangan kurikulum.
c. Bagi Pembaca
Penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk penelitian berikutnya.
2. Secara Praktis:
a. Bagi Guru
Sebagai pertimbangan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
b. Bagi Siswa
Dengan adanya penelitian ini siswa memahami akan pentingnya membaca untuk meningkatkan prestasi.

G. Definisi Operasional Variabel Penelitian
Definisi dari variable-variabel penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Minat baca adalah suatu keinginan dan kemauan untuk melakukan sesuatu khususnya membaca antara lain artikel, tulisan, dan buku untuk meningkatkan prestasi.
2. Prestasi belajar adalah suatu hasil yang telah diraih atau dicapai setelah melakukan usaha yang dalam hal ini adalah membaca.

H. Sistematika Penulisan Skripsi
Penulisan skripsi disusun dalam sistematika:
1. Bagian awal
Pada bagian ini terdiri dari halaman judul, halaman persetujuan pembimbing, halaman pengesahan, surat pernyataan, halaman motto, halaman persembahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran dan abstrak.
2. Bagian isi
Pada bagian ini terdiri atas lima bab yaitu:

BAB I PENDAHULUAN
Berisi tentang latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian dan sistematika penulisan skripsi.

BAB II KAJIAN TEORI DAN PERUMUSAN HIPOTESIS
Berisi tentang kajian teori, penelitian relevan, kerangka pikir, paradigma penelitian dan perumusan hipotesis.

BAB III METODE PENELITIAN
 Berisi tentang jenis penelitian, waktu dan tempat penelitian, variabel penelitian, populasi dan sampel, metode pengumpulan data penelitian, instrumen penelitian, uji instrumen dan metode analisis data.

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Berisi tentang penyajian dan pembahasan data yang diambil dari angket siswa mengenai minat baca buku di SD Negeri 1 Pangenrejo.

BAB V PENUTUP
Berisi tentang pembahasan bab IV secara singkat, selain itu dalam bab ini disertakan saran-saran yang relevan dengan kesimpulan hasil penelitian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar