Coretan Tinta

Selamat datang
di Sang Pelukis Otak Blog.


Semoga apa yang
termuat di BLog
ini bisa bermanfaat
dan harap digunakan
sebaik-baiknya.


"Sang Pelukis Otak"

Mainkan Cursor Mu....

Jumat, 29 Oktober 2010

CONTOH RPP TEMATIK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SD
Tema : Kehidupan sehari - hari
Kelas / Semester : 2 / II (dua)
Alokasi Waktu : 1X35 menit
Hari / Tanggal : Senin / 29 Maret 2010


I. STANDAR KOMPETENSI
1. Bahasa Indonesia
Memahami teks pendek yang dilisankan dan puisi anak yang dilisankan
2. Ilmu Pengetahuan Sosial
Memahami kedudukan dan peran anggota keluarga dalam keluarga dan lingkungan keluarga
3. Ilmu Pengetahuan Alam
Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari – hari dan kegunaannya
II. KOMPETENSI DASAR
1. Bahasa Indonesia
Menyebutkan kembali dengan kata- kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
2. Ilmu Pengetahuan Sosial
Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga
3. Ilmu Pengetahuan Alam
Mengidentifikasi sumber – sumber energi ( energi panas, energi listrik, energi cahaya, energi bunyi )
III. INDIKATOR
1. Bahasa Indonesia
a. Mendengarkan cerita atau teks bacaan
b. Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengar
c. Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata- kata sendiri
2. Ilmu Pengetahuan Sosial
Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga (ayah, ibu, anak)
3. Ilmu Pengetahuan Alam
Menyebutkan contoh alat – alat rumah tangga yang menghasilkan panas, bunyi, cahaya, dan listrik
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi denagn tema Hiburan, siswa diharapkan dapat :
1. Menceritakan kembali isi cerita yang didengarnya
2. Menyebutkan kedudukan dan peran anggota keluarga
3. Mengidentifikasi sumber – sumber energi (energi panas, energi listrik, energi cahaya, energi bunyi )
V. MATERI PEMBELAJARAN
1. Teks pendek “ Kegiatan Keluargaku sehari – hari”
2. Benda – benda yang dapat menghasilkan energi
VI. METODE PEMBELAJARAN
Model : Pembelajaran Tematik
Metode : Tanya Jawab, Penugasan, Diskusi
VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal
• Guru membuka pelajaran dengan salam, memimpin doa, dan mempresensi siswa
• Appersepsi : anak – anak sebelum kalian berangkat sekolah, apa yang kalian lakukan dirumah?
• Guru menyampaikan tema pelajaran pada hari ini yaitu Kegiatan sehari - hari
2. Kegiatan Inti
• Guru menunjukkan teks pendek yang berjudul “ Kegiatan keluargaku Sehari – hari”
• Beberapa siswa secara bergiliran membaca teks pendek tersebut dengan nyaring, lancar, dan sesuai dengan intonasi yang tepat
• Siswa yang lain mendengarkan dan menyimak isi teks
• Guru memperhatikan dan membetulkan siswa apabila ada kesalahan dalam membaca
• Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks
• Siswa dibagi menjadi bebrapa kelompok
• Masing – masing kelompok berdiskusi tentang benda – benda yang dapat menhasilkan energi
• Guru berkeliling dan memberikan bimbingan
• Setelah siswa selesai, guru menunjuk beberapa kelompok siswa secara acak untuk menyajikan hasil kelompok dan siswa lain diminta mencermati
• Siswa dan guru membahas jawaban mereka dan melakukan tanya jawab pada siswa apabila ada yang belum paham
3. Kegiatan Akhir
• Dengan bimbingan guru siswa merangkum hasil pembelajaran dan melakukan refleksi kegiatan bersama
• Guru memberikan PR
• Guru menutup pelajaran dengan berdoa dan mengucapkan salam
VIII. PENILAIAN
1. Jenis Tes
Kognitif : Tes tertulis
Afektif : Kerjasama dalam Kelompok
Psikomotor : Kelancaran dalam membaca
2. Bentuk tes
Soal tes isian pendek
3. Kriteria Penilaian
Penilaian menggunakan nilai dengan skala 0 – 100. Nilai tertinggi 100, nilai terendah 0. Nilai akhir diperoleh dengan cara menjumlahkan nilai kognitif, afektif, dan psikomotor

Yogyakarta, 29 Maret 2010

Mengetahui
Dosen Pembimbing Praktikan

Woro Sri Hastuti Sutikno



TEKS PENDEK
KEGIATAN KELUARGAKU SEHARI – HARI
Setiap hari aku dan keluargaku selalu bangun pagi. Sebelum aku berangkat sekolah, aku selalu membantu ibu memasak di dapur. Ibu memasak menggunakan kompor. Hari ini ibu akan memasak sup. Sementara itu ayah bersiap – siap untuk bekerja. Setelah ibu memasak, ibu meyetrika pakaian ayah. Aku pun siap – siap untuk berangkat sekolah. Sebelum berangkat, aku dan keluargaku sarapan pagi bersama. Ditengah – tengah sarapan pagi, tiba – tiba telfon rumahku berbunyi. Kemudian ayah bergegas untuk mengangkatnya. Ternyata telfon itu dari nenekku. Itulah kegiatan dirumahku pada pagi ini.
Pertanyaan :
1. Apakah tugas ibu setiap pagi?
2. Siapakah yang mengangkat telfon?
3. Pagi ini ibu memasak apa?
4. Apakah yang kalian lakukan sebelum kesekolah?
5. Apakah kalian sering sarapan pagi bersama keluarga?


Ada berapa jumlah anggota keluarga kalian dirumah? Apa saja yang dilakukannya? Setiap hari apa yang dilakukan oleh ayah dan ibu?

BENDA – BENDA YANG DAPAT MENGHASILKAN ENERGI
ENERGI PANAS :

ENERGI CAHAYA :

ENERGI BUNYI :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar