Coretan Tinta

Selamat datang
di Sang Pelukis Otak Blog.


Semoga apa yang
termuat di BLog
ini bisa bermanfaat
dan harap digunakan
sebaik-baiknya.


"Sang Pelukis Otak"

Mainkan Cursor Mu....

Kamis, 28 Oktober 2010

CONTOH KURIKULUM SD

SD NEGERI 1 SUTIC MATIC
Untuk memenuhi tugas mata kuliah kajian kurikulum PKN SD
Dosen pengampu: fathurohman,M.Pd

Oleh :
SUTIKNO


PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2010
BAB I

PENDAHULUAN


A. LATAR BELAKANG
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai pendidikan tertentu.
Tujuan tersebut meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kondisi, potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh karena itu, kurikulum disusun oleh satuan pendidikan agar memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi di daerah.
Pengembangan Kurikulum mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.
Standar Nasional Pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan.
B. TUJUAN PENGEMBANGAN KURIKULUM
1. Sebagai Pedoman untuk kegiatan penyelenggaraan pendidikan di SD Negeri 1 Sutic Matic dalam Tahun Pelajaran 2010 / 2011.
2. Mengembangkan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi perkembangan, kebutuhan peserta didik serta tuntutan lingkungan.
3. Mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik yang mengacu pada keberhasilan dalam masyarakat.






C. PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM
1. Berpusat pada potensi, perkembangan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
2. Pembelajaran terpadu
3. Tuntutan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, seni budaya dan teknologi.
4. Menyeimbangkan terhadap kebutuhan dalam kehidupan bermasyarakat.
5. Menyeluruh dan berkesinambungan.
6. Belajar sepanjang hayat.
7. Seimbang antara kepentingan nasional, kepentingan daerah, kepentingan masyarakat dan lingkungan.

D. Dasar Pembentukan Visi Misi dan Tujuan Sekolah
1. Kebutuhan Peserta Didik
a. Kebutuhan akan pendidikan
b. Kebutuhan akan ilmu pengetahuan
c. Kebutuhan akan kepribadian
d. Pengenalan potensi diri
e.Kebutuhan akan semangat dan motivasi dihup.
f. Kebutuhan perkembangan diri
g. Daya pikir individu
h. Kebutuhan jasmani dan rohani
i. Sumber daya manusia yang berkualitas
j.Perkembangan kebudayaan
k. Perkembangan kesenian
l. Kedisiplinan
m. Ketertiban individu

2. Kebutuhan Masyarakat
a. Sosialisasi antar sesama
b. Toleransi
c. Menghargai orang lain
d. Kebutuhan jasmani dan rohani
e. Sikap mental yang positif
3. Kebutuhan IPTEK
a. Kemajuan teknologi
b. Persaingan global
c.Pengembangan bakat









































BAB II

VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH






A. VISI SEKOLAH

“MEWUJUDKAN GENERASI YANG BERPRESTASI BERLANDASKAN
IMAN DAN TAQWA BERWAWASAN ILMU PENGETAHUAN
SENI BUDAYA DAN TEKNOLOGI “.




B. MISI SEKOLAH
1. Menciptakan terlaksananya proses pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning) antara lain CTL, PAKEM, serta layanan bimbingan konseling.
2. Mewujudkan anak didik yang beriman, takwa, kreatif, cerdas, terampil, berwawasan kebangsaan, sertamenguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
3. Membantu warga sekolah untuk mengenali potensi diri sendiri sehingga dapat berkembang secara optimal.
4. Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama sebagai sumber dalam berfikir dan bertindak.
5. Menumbuhkan rasa memiliki kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.
6. Meningkatkan kedisiplinan warga sekolah.
7. Menumbuhkan sikap mental yang peduli terhadap diri sendiri, sekolah, dan lingkungan.

C. TUJUAN SEKOLAH
Tujuan umum pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar di SD Negeri 1 Sutic Matic mengacu pada tujuan umum pendidikan dasar yaitu meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan ( life skill ) untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Secara khusus, sesuai dengan visi dan misi sekolah, tujuan SD Negeri 1 Sutic Matic pada akhir tahun pelajaran 2010/2011 diharapkan sekolah dapat mengantarkan peserta didik untuk :
1. Memiliki budi pekerti dalam kehidupan di sekolah, rumah dan masyarakat .
2. Memiliki penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut setiap warga sekolah
3. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang teknologi
4. Memiliki kesadaran dalam budaya belajar, budaya tertib, dan budaya bersih dalam pelaksanaan disiplin melalui kegiatan upacara dan kebesihan.
5. Meraih prestasi di bidang akademik maupun non akademik.
6. Melestarikan budaya daerah melalui Bahasa Jawa dan Seni Tari
7. Memiliki kemampuan dibidang seni khususnya seni tari dan musik.
8. Memperoleh nilai UAS dan UASBN yang optimal
9. Memiliki jiwa patriotik yang diterapkan melalui kegiatan Upacara Bendera dan Pramuka.
10. Mempersiapkan peserta didik untuk mandiri dengan bekal keterampilan yang diperoleh dari sumber belajar yang dilandasi keimanan dan ketakwaan.
11. Membekali peserta didik dengan berbagai keterampilan penunjang yang relevan berdasarkan minat, bakat, serta kemampuan siswa.
12. Memiliki toleransi antar umat beragama dan melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya.
D. SASARAN PENGGUNA
1. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai pendidikan tertentu
2. KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan pada masing-masing satuan pendidikan.
KTSP memuat komponen-komponen
1. Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan
2. Struktur dan Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
3. Kalender Pendidikan
4. Silabus ( sebagai lampiran )
3. Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok / pembelajran, alokasi waktu dan sumber / bahan / alat ajar untuk penilaian termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan.
a. Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri di fasilitasi dan atau dibimbing oleh guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakulikuler.
b. Substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada SD/ MI merupakan “ IPA Terpadu “ dan “ IPS Terpadu “
c. Pembelajaran pada kelas I s.d III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan pada kelas IV s.d VI dilaksanakan melaui pendekatan mata pelajaran.
d. Jam Pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.
e. Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 35 menit.
f. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran ( dua semester ) adalah 34 – 38 / minggu.


E Kompetensi Lulusan
Kompetensi peserta didik yang harus dicapai:
a. Mampu menguasai materi pelajaran yang diajarkan mulai dari kelas 1 sampai kelas 6.
b. Mampu mengamalkan ajaran agama yang dianutnya serta toleransi dengan agama lain.
c. Berbudi pekerti luhur baik di lingkungan sekolah, rumah dan masyarakat.
d. Mampu mengaplikasikan teknologi sesuai yang diajarkan di sekolah.

e. Mampu mengaplikasikan bakat baik dibidang seni maupun bidang lain.
f. Mempunyai kedisiplinan yang tinggi baik di sekolah maupun masyarakat.
g. Memperoleh nilai UAS dan UAN secara optimal.
h. Memiliki jiwa patriotik dan cinta tanah air.
i. Memiliki dan mampu mengembangkan sikap baik dan jujur terhadap siapapun.









































BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM




A. STRUKTUR KURIKULUM

Struktur dan muatan KTSP pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang tertuang dalam Standar Isi, meliputi lima kelompok mata pelajaran, sebagai berikut :
1. kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia.
2. kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian.
3. kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.
5. kelompok mata pelajaran estetika.
Cakupan kelompok mata pelajaran sebagai berikut :

No Kelompok Mata Pelajaran Cakupan
1. Agama dan Akhlak Mulia Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
2. Kewarganega-raan dan Kepribadian Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SD/MI/SDLB dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri.
4. Estetika Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
5. Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SD/MI/SDLB dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.



I. Muatan Kurikulum

1. Mata Pelajaran

a. Pendidikan Agama Islam
Tujuan :
1. Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
2. Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.




b. Pendidikan Kewarganegaraan.
Tujuan :
1. Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
2. Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi
3. Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
4. Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

c. Bahasa Indonesia
Tujuan :
1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial

d. Matematika
Tujuan :
1. Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
2. Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika
3. Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
4. Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
e. Ilmu Pengetahuan Alam
Tujuan :
1. Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya
2. Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3. Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positip dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat
4. Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan
5. Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam

f. Ilmu Pengetahuan Sosial.
Tujuan :
1. Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya
2. Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
3. Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
g. Seni Budaya dan Ketrampilan
Tujuan :
1. Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan
2. Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan
3. Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan
4. Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.

h. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Tujuan :
1. Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih
2. Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4. Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
5. Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.

B. MUATAN LOKAL
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak sesuai dengan bagian dari mata pelajaran lain dan/atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata pelajran tersendiri.
Mulok : Bahasa Jawa
Tujuan : mengembangkan kompetensi berbahasa Jawa untuk melestarikan Bahasa Jawa.
Mulok : Bahasa Inggris
Tujuan : 1. Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk
lisan secara terbatas untuk mengiringi tindakan (language
accompanying action) dalam konteks sekolah
2. Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa
Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam
masyarakat global
Mulok : Pertanian
Tujuan : 1. Mengembangkan kompetensi dalam bidang pertanian.
2. Memiliki kesadaran dalam mengembangkan pertanian di daerahnya.
Mulok : Seni Musik
Tujuan : 1. Mengembangkan kompetensi dibidang music.
2. Dapat mengekspresikan harmoni dalam kehidupan sehari-hari.


C. PENGEMBANGAN DIRI
Pengembangan diri merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran sebagai bagian integral dari kurikulum sekolah/madrasah. Kegiatan pengembangan diri merupakan upaya pembentukan watak dan kepribadian peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.
a. Kepramukaan
1) Sebagai wahana siswa untuk berlatih berorganisasi
2) Melatih siswa untuk trampil dan mandiri
3) Melatih siswa untuk mempertahankan hidup
4) Memiliki jiwa sosial dan peduli kepada orang lain
5) Memiliki sikap kerjasama kelompok
6) Dapat menyelesaikan permasalahan dengan tepat
b. Anak Beriman
1) Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2) Meningkatkan kepekaan siswa terhadap masalah – masalah sosial lingkungannya.
c. Olahraga ( Bola Volli dan Sepak bola )
1) Sebagai wahana siswa untuk menyalurkan bakat.
2) Melatih sikap kerjasama kelompok.
d. Ensamble Musik
1) Sebagai wahana menyalurkan bakat dan minat siswa.
2) Melatih kekompakan siswa
e. Komputer
1) Mengembangkan diri sesuai dengan perkembangan jaman.
2) Sebagi bekal siswa dimasa yang akan datang
f. Seni Tari
1) Mengembangkan bakat siswa dibidang Seni Tari.
2) Memelihara dan melestarikan budaya jawa khususnya seni tari.

Mekanisme Pelaksanaan :
a. Kegiatan Pengembangan Diri diberikan di luar jam pembelajaran (ekstrakurikuler) dibina oleh guru-guru yang memiliki kualifikasi yang baik berdasarkan surat keputusan Kepala Sekolah.

b. Penilaian
Kegiatan pengembangan diri dinilai dan dilaporkan secara berkala kepada sekolah dan orang tua dalam bentuk kualitatif :

No. Katagori Keterangan
1. A Sangat Baik 86 – 100
2. B Baik 71 – 85
3. C Cukup 56 – 70
4. D Kurang < 55







D. Pengembangan Kegiatan Pembelajaran

Proses kegiatan pembelajaran dilaksanakan 6 hari dalam seminggu yaitu hari Senin sampai hari Sabtu. Pemberian materi pembelajaran dilakukan oleh tenaga pendidik (guru) yang berkualitas yang mampu mengoptimalkan seluruh kemampuan siswa sehingga siswa mampu berpacu dalam memperoleh prestasi baik prestasi akademik maupun non akademik. Dalam pengembangannya siswa menjalani proses:
a. Setelah pemberian materi pelajaran, siswa diharapkan mampu mengaplikasikan materi minimal ditempat yang telah disediakan yaitu laboratorium.
b. Praktek dilakukan pada mata pelajaran yang mengharapkan keterampilan siswa dalam mengolah pikirannya.
c. Untuk mengoptimalkan kebutuhan rohani siswa maka untuk siswa kelas V-VI diwajibkan menjalankan ibadah shalat dhuhur di masjid sekolah.
d. Untuk menjaga nilai kedisiplinan maka siswa diberikan aturan yang menggambarkan apasaja yang tidak boleh dilakukan siswa di sekolah missal merokok,mabuk dll.
e.Untuk menumbuhkan sikap tertib maka setiap akan masuk kelas (KBM) siswa terlebih dahulu dibariskan didepan kelas
f. Untuk mengembangkan rasa hormat kepasa semua warga sekolah, siswa wajib menjalankan 3S yaitu senyum, salam, dan sapa.
g. Minat baca siswa dikembangkan melalui program mingguan yaitu hari sabtu baca artinya siswa wajib membaca minimal 1 buku pada hari Sabtu dan merangkum buku tersebut pada buku khusus.
h. Rasa cinta tanah air dan bangsa dikembangkan melalui upacara bendera dan kepramukaan.
i. untuk mengembangkan potensi siswa dibidang teknologi maka siswa wajib mengikuti pelajaran dan ekstrakulikuler computer dan internet.
j. Sebagai penghayatan terhadap kebudayaan setiap siswa wajib mengikuti kegiatan seni music dan seni tari
k. Untuk lebih mengembangkan potensi siswa maka setiap siswa wajib mengikuti minimal 2 macam ekstrakulikuler olahraga.
l. Budaya berjabat tangan bila betemu dengan warga sekolah.
m. Setiap hari Rabu dan Sabtu diadakan senam dan apel pagi untuk menjaga kesehatan dan pemberian informasi dari sekolah.
n. Hari amal yaitu hari Jumat setiap siswa seikhlasnya memberikan sedikit rezekinya.
o. Kegiatan penyegaran pikiran dilakukan setiap hari rabu.
p. Kegiatan kebersihan dilakukan dengan adanya program Sabtu bersih yaitu semua warga sekolah wajib mengikuti dan membersihkan linkungan sekolah.
q. Untuk mengembangkan keterampilan setiap bulan sekali siswa wajib mengumpulkan 1 macam kerajinan tangan bebas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar